Wahai hati yang sedang gelisah,apakah yang sedang kau gelisahkan?

Posted by gadhing Property
Wahai hati yang sedang gelisah,apakah yang sedang kau gelisahkan?

Bila engkau belum tahu pasti apa yang menggelisahkanmu,bagaimana mungkin engkau bisa merasa gelisah?

Sebetulnya, apakah yang sedang kau gelisahkan?

Ketahuilah bahwa penderitaan yang paling menyiksa mu,adalah penderitaan yang tidak pernah datang,tetapi yang kau ijinkan tumbuhdalam kekhawatiran- kekhawatiran mu.

Bila kekurangan yang kau rasakan,mengalahkan nilai dari keberuntunganyang telah ada pada mu,maka kegelisahan itu adalah candu bagi pikiran mu.

Kegelisahan yang mencandui mu itu berawaldari serat-serat sarang laba-labadalam angan-angan mu,yang kemudian kau ijinkan menguat, menajam,dan mengiris permukaan hati mu yang peka.

Kegelisahan mu akan memotong dan melubangi hati mu,yang kemudian mengalirkan kecerdasandan ketahanan hati muke parit-parit penyia-nyiaan sari kehidupan.

Maka selamatkanlah kecerdasan mu.lindungilah kecemerlangan hati dan pikiran mu.dan menangkanlah sari-sari kehidupan dalam diri mu.

Karena sebetulnya,bila engkau mengertikegelisahan adalah mabuknya orangyang sedang berada di depan penawaran-penawaran besarbagi kemungkinan- kemungkinanyang bisa ia capai sebagai pribadi yang mandiri.

Siapa kah di antara mu yang tidak akan tegangdan gelisah menantikan terbukanya tabir penutuphadiah besar bagi mu,untuk sikap, pikiran, dan tindakan mu yang mulia?

Bila yang kau nantikan adalah hadiahbagi pemuliaan diri mu,maka itu sama sekali bukanlah kegelisahanyang mengerdilkan,tetapi tarian kegembiraan hati mu.

Bila engkau belum memuliakan diri mu sendiri,maka kegelisahan mu adalah ronta dari keinginan hati muuntuk membayar penundaan dan pengabaiandari yang seharusnya sudah kau lakukan.

Engkau adalah jiwa yang dilahirkan mulia,maka semua kegelisahan muadalah upaya hati mu untuk mengembalikan kemuliaanyang telah menjadi bakat kelahiran mu.

Maka bertindaklah.
Janganlah engkau membatasi kebaikanyang akan kau lakukanhanya karena kemungkinan kegagalan,karena dengannyakau seperti berupaya membatalkansifat Tuhan mu Yang Maha Melindungi,bagi kerugian mu sendiri.

Itu sebabnyakau diperintahkan untuk membaca semua tanda,baik tanda yang akan memuliakan mu,yang akan menggagalkan mu, dan tanda bagi muuntuk mencoba lagi dengan lebih berpikir.

Engkau hanya boleh membatasi yang akan kau lakukanbila ia belum jujur, tidak adil, dan tidak memuliakan.

Janganlah jadikan kemungkinan kecewa musebagai penghambat kerja mu.

Ketahuilah bahwa kegelisahan dalam penundaankarena rasa takut akan kekecewaan –adalah perasaan yang lebih burukdaripada kekecewaan yang sebenarnya.

Kegelisahan mu lebih menyiksadaripada kekecewaan mu.

Alam menciptakan mu kuat, ... kuat sekali,tetapialam tidak menciptakan mu cukup kuatuntuk secara sekaligus menggembalakanpenyesalan-penyesal an masa lalu mu,menyelesaikan tugas-tugas mu hari ini,dan membesarkan kekhawatiran- kekhawatiran mudi masa depan.

Itu sebabnya alam memberi mu kecerdasanuntuk mendahulukan yang seharusnya kau dahulukan,dan meninggalkan yang seharusnya kau tinggalkan.

Hanya dengannya engkau akan disebut bijak,karena kebijakan adalah kecerdasandalam mengutamakan yang baik.

Engkau berhak untuk bergembira.Engkau berwenang untuk merajut kegembiraan mumenjadi permadani kebahagiaan mu.

Janganlah kau gunakan kegelisahan yang maya ituuntuk menggantikan hak nyata muuntuk berbahagia.

Janganlah engkau membatalkan yang mungkin bagi mudengan kegemaran mu mendahulukan kekhawatirantentang yang hanya akan terjadibila kau menghindari kebijakan.

Janganlah engkau bertahan berbaring di dalam bayangandan mengeluhkan kurangnya cahaya di atas kepala mu.

Bangunlah, dan melangkahlah ke luardan temuilah cahaya dari pengertian-pengerti an baikyang telah mencerahkansaudara-saudara mubahkan jauh sebelum kelahiran mu.

Majulah dan perbaikilah sudut pandang mu,agar lebih mungkin bagi muuntuk melihat masa depan yang lebih cerah.

Berdamailah dengan keadaan mu,karena apa pun keadaan mu sekarangadalah keadaan dari mana engkauakan mencapai semua kecemerlangan mu.

Engkau akan membatalkan perjalanan mumendaki tempat-tempat yang naik,bila engkau menolak menggunakan tanah yang rendahsebagai pijakan awal mu.

Pencerahan adalah penerimaan yang ikhlastentang yang benar.

Bila engkau tidak menemukan jalan keluardalam kegelisahan mu,maka berpalinglah engkaukepada pengertian yang benar;karena pencerahan muadalah penerimaan mu yang ikhlastentang yang benar.

Danbila engkau telah ikhlas dengan yang benar,engkau akan mampu mendengar keheningandalam kebisingan,danengkau akan melihat sinardalam kegelapan.


Bila cinta mu kepada kemuliaanmembuat mu bimbang dan bertanyaapakah engkau akan ditemukan,danapakah engkau akan dicari,

dengarkanlah ini.
Engkau yang meninggikan akan ditinggikan,engkau yang membesarkan akan dibesarkan.

Makabila engkau menemukan bagi saudara muyang belum menemukan,engkau akan ditemukan;

bila engkau mencarikan bagi saudara muyang sulit mencari,engkau akan dicari.

Bila Tuhan mu adalah keyakinan mu,maka Tuhan mu adalah dasar dari semua keyakinan mu.

Ini aku katakan kepada muagar engkau mengingatbahwa keraguan mu tidak boleh mendekatipelemahan keyakinan mu kepada Beliau.

Demikian besar kah kesusahan musehingga engkau mengecilkan nilai Tuhan mu bagi mu?

Beliau,Tuhan mu Yang Maha Pengasih,menunggu muagar engkau datang bermanja-manja kepada-Nyameminta maaf karena keraguan mu,mengembalikan kesadaran mukedalam kasih sayang Beliau.

Beliau ingin mendengar mu berjanji lagidengan meminjam kesungguhandari janji mu yang terakhir,bahwa engkau tidak akan lupa lagi,bahwa apa pun yang terjadiadalah untuk kebaikan mu.

Mintalah pengertian Beliauagar Beliau bersabardan tetap mencintai mudengan naik dan turun hati mu,karena engkau sedang belajaruntuk selalu memperbarui iman mu.

Katakanlah bahwa engkau telah mengertibahwa semua upaya dan hasil mu tidak pentingbila dalam pencapaiannyaengkau menjauh dari-Nya.

Berjanjilah kepada Tuhan mu,bahwa dalam keraguan mu yang akan datang,engkau akan menjaga diri mubermanja-manja dekat dengan-Nya;karena engkau tahubahwa bila Beliau berkenantidak ada yang tidak akan Beliau berikankepada mu,meskipun apa pun, karenaengkau adalah kekasih Tuhan.

Bila Beliau berkenan.

Seberapa jauh pun perjalanan mu,engkau akan sampai bila engkau dekat dengan-Nya.

Seberapa sulit pun pencarian mu,engkau akan menemukanbila engkau mencari.

Seberapa jauh pun engkau hilang,engkau akan dicari dan ditemukanbila engkau mencarikan jalanbagi saudara mu yang kehilangan jalan.

Maka bila kegelisahan datang lagi kepada mu,sambutlah ia dengan penghormatan bagai kepada tamuyang membutuhkan pengertian baik.

Sesungguhnya,kegelisahan mu hanyalah kekuatan muyang sedang kebingungan.

Maka, damaikanlah diri mu.

Pulihkanlah jiwa mukepada keindahan asli mu.

Keindahan jiwa muadalah sumber dari semua kekuatan mu.

2 comments:

Anonymous said...

hebat..boleh dong dicopy paste...hehehe.hestyning wijaya...

...CaNdRa KiRaNa... said...

Satu"na penawar yang paling efektif dan tidak bertentangan dengan syariat ISLAM untuk menangkal atau mengobati penyakit GELISAH adalah dengan cara selalu mengingat ALLAH. SWT, sebagaimana telah dikatakan dengan jelas oleh ALLAH. SWT di dala...m Al Quran, yang artinya:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."
(QS. Ar Ra’du : 28)

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengingat ALLAH. SWT, misalnya berdzikir, sholat, mempelajari dan membaca Al Quran serta mengamalkan'na, senantiasa bersyukur kepada ALLAH. SWT, meyakini pertolongan ALLAH. SWT, dan perbanyak merenungi tanda" kebesaran ALLAH. SWT yang terdapat di alam semesta maupun fakta sejarah.

Post a Comment

Sasty

 

gadhing property Template by Ayah Bojonegoro | 2012